Cara membuat foto IR menggunakan Photoshop

Apa itu foto IR.? Foto IR merupakan foto yang tidak biasa, dalam artian di dunia fotografi bergantung pada kemampuan kamera dalam merekam apa yang tidak terlihat oleh mata dengan menangkap radiasi IR. Gelombang IR dapat menembus beberapa jenis kabut atau awan sehingga gambar dan objek yang jauh atau tidak terlihat oleh kamera normal dapat di ambil.

Dalam dunia fotografi landscape foto IR pada umumnya memperlihatkan objek-objek seperti tumbuhan, laut dll. Mengapa tumbuhan dan laut ?
Karena tumbuhan lebih banyak memantulkan cahaya IR yang jatuh kepadanya sedangkan lautan menyerap cahaya IR yang jatuh kepadanya.

Dalam posting kali ini. Saya akan membahas sedikit tentang cara membuat foto IR tetapi menggunakan Photoshop. Tidaklah sulit, melainkan hanya perlu waktu kurang lebih 1 menit untuk mengotak-atiknya. Untuk lebih jelasnya kita langsung saja ke TKP....


Finish

Buka Photoshop dan open sebuah foto ke dalam media kerja. Saya menggunakan foto saya sendiri pada saat jalan-jalan ke Taman Ujung, Karangasem, Bali.


Duplikat foto BG dengan menekan ctrl + J sehingga terbentuk layer yang sama dari layer BG. Kemudian invert layer yang sudah di duplikat dengan menekan ctrl + I.


Setelah foto di invert maka foto akan tampak seperti diatas. Warna yang dihasilkan menjadi aneh dan perlu sedikit sentuhan ajaib.
Ganti blending mode pada layer BG copy menjadi color.


Setelah blending mode di ganti maka secara otomatis layer BG copy akan mengadopsi warna dari layer BG tetapi tetap dengan kondisi warna yang tidak sesungguhnya. 

Kemudian diatas layer BG copy, klik adjusment channel mixer dan berikan value atau nilai seperti ini
Output channel RED
Red : 0
Green : 0 
Blue : 100

Output channel BLUE
Red : 100
Green : 0 
Blue : 0


Setelah memberikan adjusment channel mixer, maka warna yang muncul mendekati warna aslinya tapi perhatikan pada bagian tumbuh-tumbuhannya, warna yang timbul bukan warna aslinya .

Belum selesai sampai disini. Saya ingin foto saya benar-benar tampak layaknya IR versi saya sendiri. Klik layer BG copy lalu berikan adjusment hue saturation. Dengan begitu layer hue saturation akan berada di bawah layer channel mixer. Berikan value pada hue seperti dibawah.


Dengan begitu hue saturation akan mempertajam warna dari tumbuh-tumbuhan dan mengubah warna langit menjadi cyan. Klik adjesment selective color dan tempatkan pada layer teratas dari semuanya. Pilih Cyan dan berikan value seperti ini.


Sehingga warna cyan pada foto akan semakin pekat dan memiliki gradasi yang dramatis dari gelap menuju ke yang lebih terang. Namun saya sangat menyukai warna jadi saya mengubah warna langit menjadi sedikit dark dengan menggunakan hue saturation yang ditempatkan pada posisi teratas layer lainnya. 


Sampai disini saja saya rasa sudah cukup. 

Catatan :
  1. Nilai atau value dari masing-masing adjusment tidak harus sama seperti tutorial ini, bisa dirubah tergantung kondisi foto yang digunakan.
  2. Mengapa menggunakan invert dan blending.? Jawabannya karena pada dasarnya foto saya bukan foto IR jadi saya ingin mengubahnya ke dalam IR dan setiap detail objek mulai dari yg besar hingga yang kecil, dan yang tebal sampai yang halus seperti awan, saya ingin mengubah warna dari masing-masing objek tersebut menjadi warna yang tidak biasa, jika menggunakan seleksi atau sejenisnya itu akan membutuhkan waktu, jika menggunakan masking dll juga membutuhkan kesabaran. Jadi kesimpulannya invert disertai blending layaknya seleksi pada umumnya hanya saja lebih cepat.
  3. Gunakan imajinasi yang kalian miliki untuk mencampur warna-warna yang ada menjadi sebuah susunan warna baru. 


All rights reserved © Ady Lee : Please do not copy or distribute these pictures/images without permission.

See you in next share :)














4 comments:

Labels